Formasi CPNS Kemenkes 2018

Diposting pada

Pendaftarancpns2018.infoSscn.bkn.go.id, CPNS 2018, CPNS Kemenkes 2018, Formasi CPNS Kemenkes 2018, Lowongan CPNS Kemenkes 2018, Cara Mendaftar CPNS Kemenkes 2018, Pengumuman CPNS Kemenkes 2018, Panduan Pendaftaran Online CPNS Kemenkes 2018, CPNS Kementerian Kesehatan 2018, cpns.kemkes.go.id.

Kali ini saya akan memberikan sebuah informasi berkaitan dengan pendaftaran CPNS 2018 Kemenkes. Nah jika anda saat ini sedang mencari informasi penerimaan CPNS 2018 di Lingkungan Kementerian Kesehatan, baik itu informasi mengenai jadwal pendaftaran CPNS Kemenkes, Formasi CPNS Kemenkes, Persyaratan umum maupun khusus CPNS Kemenkes serta jadwal seleksi / ujian / tes CPNS Kemenkes 2018, maka silahkan simak terus halaman ini sampai selesai.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, bahwa pendaftaran CPNS Kemenkes tahun 2018 sebentar lagi akan dibuka yakni pada bulan Agustus ini. Jadi kita doakan supaya segera dibuka, karena teman-teman yang berencana ingin mendaftar dalam penerimaan CPNS 2018 di Kemenkes ini sudah tidak sabar menunggu pengumuman resminya dari pemerintah.

Bagi teman-teman yang memang ingin mendaftar dalam penerimaan CPNS 2018 di Kemenkes ataupun di kementerian / lembaga / kabupaten kota lain yang ada di Indonesia, maka silahkan simak beberapa informasi berikut ini.

Pengumuman CPNS Kemenkes 2018

Kementerian Kesehatan kemungkinan juga akan mengadakan Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2018 ini. Hal ini dilakukan karena mengingat banyaknya PNS Kemenkes yang memasuki usia pensiun di setiap tahunnya, sehingga jumlah PNS jadi berkurang dan membutuhkan pegawai baru untuk mengisi kekosongan jabatan.

Oleh karena itu, kemungkinan besar Kementerian Kesehatan akan membuka rekrutmen CPNS tahun 2018 ini, jadi silahkan pantau terus halaman ini karena kami akan terus mengupdate perkembangan informasi terkait penerimaan CPNS Kemenkes Tahun Anggaran 2018.

Formasi CPNS Kemenkes 2018

Formasi CPNS 2018 Kemenkes hingga saat ini belum dikeluarkan secara resmi oleh Kemenpan-RB, jadi nantinya setelah adanya pengumuman resmi dari pihak Kemenpan, maka akan kami update disini terkait berapa jumlah kuota / formasi CPNS Kementerian Kesehatan tahun 2018, bidang apa saja yang dibutuhkan serta kualifikasi pendidikan apa yang dicari.

Jadwal Pendaftaran CPNS Kemenkes 2018

Jadwal pendaftaran CPNS 2018 Kemenkes berdasarkan informasi sementara yang kami dapatkan bahwa akan dimulai pada bulan Agustus tahun 2018 ini. Namun informasi ini masih bersifat tentatif yang kemungkinan berubah masih bisa saja terjadi. Namun apabila nantinya sudah dibuka, maka kebiasaannya pendaftaran CPNS Kemenkes dibuka secara bersamaan dengan pembukaan pendaftaran CPNS secara Nasional.

Tata Cara Pendaftaran CPNS Kemenkes 2018

Pada tahun 2018 ini seluruh proses seleksi CPNS 2018 dilakukan melalui satu link yakni SSCN, itu berarti calon peserta CPNS 2018, baik yang ingin mendaftar di lingkungan Kemenkes ataupun Kementerian lain, Lembaga, Kabupaten, Kota yang ada di Indonesia hanya dapat mendaftar melalui link sscn.bkn.go.id.

Berdasarkan informasi yang kami rangkum dari beberapa sumber, tata cara mendaftar CPNS 2018 Kemenkes melalui link sscn.bkn.go.id adalah sebagai berikut:

1. Mendaftarkan nomor NIK KTP dan kemudian LOGIN menggunakan NIK tersebut.
2. Mendapatkan bukti daftar akun.
3. Melampirkan dokumen yang berformat PDF.
4. Mencetak kartu peserta.

Persyaratan CPNS Kemenkes 2018

Sebelum pelaksanaan tes CPNS 2018 Kemenkes dimulai, alangkah baiknya jika dari sekarang mulai melengkapi persyaratan-persyaratan dokumen yang akan diminta nantinya. Jadi ketika nantinya sudah dibuka, peserta tidak lagi kerepotan dalam melengkapi persyaratan CPNS Kemenkes 2018 sebagaimana yang ditentukan oleh panitia.

Adapun syarat-syarat berkas dokumen CPNS Kemenkes tahun anggaran 2018 adalah sebagai berikut:

1. Fotocopy KTP;
2. Fotocopy Ijazah yang telah dilegalisir pejabat berwenang;
3. Fotocopy Transkip Nilai yang telah dilegalisir pejabat berwenang;
4. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT;
5. Pas foto terbaru berukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Bagi lulusan D III dan SMA/sederajat ada beberapa dokumen tambahan yang diminta, antara lain:

1. Materai Rp 6.000;
2. Fotocopy KTP;
3. Fotocopy Ijazah/STTB;
4. Fotocopy Ijazah SD;
5. Fotocopy Ijazah SLTP;
6. Fotocopy Ijazah SLTA. (*)

Tahapan Seleksi CPNS Kemenkes 2018

Tahapan seleksi CPNS 2018 Kemenkes sebagaimana pengalaman tahun-tahun sebelumnya dibagi kepada 3 tahapan, yakni sebagai berikut:

1. Tahapan Seleksi Administrasi (ADM)
2. Tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
3. Tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenkes 2018

Adapun hasil seleksi administrasi CPNS 2018 Kemenkes menurut kebiasaan akan diumumkan setelah usainya tahapan pendaftaran online CPNS 2018 dan selesainya proses verifikasi peserta yang masuk. Jadi setelah selesainya verifikasi berkas peserta yang masuk, akan diketahui siapa saya yang berhak masuk ke tahapan seleksi lanjutan, yaitu seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Jadwal Ujian SKD CPNS Kemenkes 2018

Mengenai Jadwal Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 Kemenkes akan diumumkan setelah adanya hasil verifikasi dokumen peserta CPNS. Nanti selain dikeluarkan daftar nama peserta yang lulus seleksi Administrasi CPNS 2018 Kemenkes, akan dikeluarkan juga jadwal seleksi SKD CPNS Kemenkes 2018.

Pengumuman Hasil SKD CPNS Kemenkes 2018

Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 Kemenkes menurut kebiasaannya akan diumumkan setelah usai dilaksanakannya SKD. Peserta seleksi yang nilainya mencapai ambang batas (passing grade) atau tidak akan langsung ketahuan setelah selesai mengikuti seleksi ujian CAT melalui komputer yang disediakan.

Nah bagi anda yang nilainya memenuhi passing grade, silahkan menunggu pengumuman hasil SKDnya, karena kemungkinan untuk ikut dalam seleksi komptensi bidang CPNS Kemenkes 2018 masih terbuka lebar. Sedangkan bagi anda yang nilainya tidak memenuhi nilai ambang batas tersebut, maka dapat dipastikan tidak bisa ikut dalam seleksi selanjutnya atau sudah gugur dalam seleksi CPNS 2018 Kemenkes.

Jadwal SKB CPNS Kemenkes 2018

Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2018 Kemenkes akan diumumkan seusai diterbitkannya daftar nama peserta yang lulus dalam seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Selain diterbitkannya daftar nama peserta yang lulus SKD CPNS Kemenkes 2018, akan dikeluarkan juga  Jadwal serta tempat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang CPNS 2018  Kemenkes.

Pengumuman Kelulusan Akhir CPNS Kemenkes 2018

Adapun pengumuman kelulusan tahapan akhir seleksi CPNS 2018 Kemenkes akan dikeluarkan setelah adanya hasil seleksi kompetensi bidang yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Peserta CPNS Kemenkes 2018 yang namanya tercantum dalam daftar nama yang dinyatakan lulus seleksi CPNS 2018 Kemenkes, maka ialah yang nantinya akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun Anggaran 2018.

Contoh Soal CPNS 2018 Kemenkes

Persaingan untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kemenkes ataupun instansi-instansi lain semakin hari semakin ketat. Hal ini menuntut kita harus berjuang keras supaya mampu bersaing dengan peserta lain. Adapun cara supaya bisa lolos dalam seleksi CPNS 2018 Kemenkes salah satunya ialah dengan mepersiapkan kecakapan dalam menjawab soal-soal.

Maka dari itu, mulai dari sekarang anda harus mulai mempersiapkan diri anda untuk mempelajari soal-soal tes CPNS. Jika anda ingin mendaftar di instansi Kemenkes, maka anda harus mempelajari juga soal-soal CPNS yang berkaitan dengan instansi tersebut.

Sebagaimana yang kita ketahui, tes penerimaan CPNS 2018 Kemenkes ataupun instansi lain melalui beberapa tahapan. Tahapan tes dengan menggunakan komputer yang disebut dengan CAT membutuhkan ketelitian serta kemampuan berpikir peserta. Dengan mengulang-ngulang contoh soal CPNS 2018 dianggap sangat membantu peserta nantinya saat menjawab soal-soal yang ada. Dan untuk mendownload soal-soal tes CPNS Kemenkes sebagai bahan persiapan menghadapi seleksi CPNS, silahkan daftarkan diri anda disini. DAFTAR.

Kisi-kisi Soal CPNS 2018

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2017, materi yang akan diujikan dalam seleksi penerimaan CPNS 2018 adalah sebagai berikut:

A. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang meliputi :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:

  • Pancasila.
  • Undang-Undang Dasar 1945.
  • Bhineka Tunggal Ika.
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

2. Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai:

  • Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis.
  • Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka angka.
  • Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.
  • Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai:

  • Integritas diri.
  • Semangat berprestasi.
  • Kreativitas dan inovasi.
  • Orientasi pada pelayanan.
  • Orientasi kepada orang lain.
  • Kemampuan beradaptasi.
  • Kemampuan mengendalikan diri.
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas.
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

B. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

1. Materi seleksi kompetensi bidang

  • Materi Seleksi Kompetensi Bidang ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan materi seleksi untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana dimaksud.
  • Dalam hal instansi pembina jabatan fungsional atau instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana belum siap menyusun materi Seleksi Kompetensi Bidang, maka penyusunannya dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian yang bersangkutan.
  • Materi sebagaimana dimaksud angka 1 dan 2 selanjutnya dikoordinasikan dan diintegrasikan ke dalam sistem CAT Badan Kepegawaian Negara.

Nah untuk mendownload contoh-contoh soal CPNS, baik SKD, SKB sebagaimana yang terdapat dalam Permenpan di atas tadi sebagai persiapan menghadapi Ujian Tes CPNS 2018 Kemenkes, silahkan daftarkan diri Anda disini. DAFTAR.

Perhatian:

  • Pendaftaran CPNS Kemenkes 2018 BELUM resmi dibuka.
  • Informasi ini ditulis bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pembaca terkait perkembangan penerimaan CPNS 2018 Kemenkes.
  • Contoh Soal CPNS 2018 yang kami sarankan di atas hanya untuk bahan persiapan semata. Kami tidak menjamin anda akan lulus setelah mempelajari soal tersebut.
  • Halaman ini akan terus kami update sesuai dengan perkembangan informasi seputar rekrutmen CPNS 2018 Kemenkes.

Demikianlah sedikit informasi mengenai lowongan CPNS Kemenkes 2018 yang bisa kami sampaikan. Barangkali belum seluruhnya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anda mengenai kapan jadwal resmi pendaftaran online CPNS 2018 Kementerian Kesehatan. Untuk itu kami mohon maaf dan akan terus kami update disini ketika kami dapatkan informasinya. Silahkan pantau terus halaman ini supaya anda tidak ketinggalan informasi penerimaan CPNS 2018 Kemenkes. Silahkan like dan share informasi ini kepada teman-teman yang lain sebagai bentuk dukungan anda kepada situs kami ini. Terima kasih dan semoga nantinya anda lolos dalam seleksi CPNS Kemenkes 2018.

Baca juga lowongan CPNS untuk lulusan SMA/SLTA/SMK, D3, S1, S2, S3 Lainnya dibawah ini: